>>>>>>>>>>>>>>

Friday, September 21, 2012

PERAWATAN BURUNG KENARI

Secara garis besar perawatan kenari sebenar nya sangat simple.
Dimulai dengan perawatan pagi, bisa di mulai dari jam 6 atau jam 6 30 pagi.
- bersihkan kandang ( sebaiknya rutin tiap hari )
- penggantian  pakan dan minuman.
Untuk minuman wajib di ganti setiap hari. Air kotor paling mudah menularkan segala macam  penyakit. Bila perlu menggunakan air mineral tapi tidak harus bisa juga air sumur/pam yang di masak dan di dingin kan terlebih dahulu.

- penggantian fooding setiap hari.
Fooding kenari pada umum nya adalah apel merah, sayur selada ( baik nya selada keriting karena kandungan air nya tidak terlalu banyak ), sayur sawi baik hijau atau putih, mentimum/ketimun, oyong/gambas, telur puyuh/ayam

- mandi Kenari.
sebagian besar kenari takut mandi di keramba, tetapi ada yang mau mandi di kandang keramba besar tapi tidak umum memandikan kenari di keramba. Umum nya kenari mandi di cepuk kecil seperti cepuk ayam atau cepuk untuk makan burun

- Penjemuran burung kenari.
Jemur sangat perlu untuk burung kenari, burung akan lebih sehat bila kita rajin menjemur burung sesuai dengan kemampuan burung masing masing. Rata rata lama jemur pada burung kenari adalah 1 jam sampai 2 jam (tergantung daya tahan tubuh kenari). Cahaya matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan burung kenari.

- fasilitas kerodong.
Percaya tidak percaya kerodong pada burung kenari sangat penting. Burung kenari adalah burung yang sangat peka terhadap pergantian cuaca dan suhu. Umum nya setelah jemur pagi kenari di angin angin kan 30 menit sehingga suhu tubuh turun.

Pakan Untuk burung kenari
pakan burung kenari kita bagi menjadi 2 macam yaitu pakan wajib kenari yang terdiri dari campuran biji-bijian dan pakan tambahan (extra fooding) yg terdiri dari
apel merah, sayur selada ( baik nya selada keriting karena kandungan air nya tidak terlalu banyak ), sayur sawi baik hijau atau putih, mentimum/ketimun, oyong/gambas, telur puyuh/ayam.

Untuk pakan wajib harian terdiri dari biji kenari (40%), biji lobak (30%),biji nigger(10%), milet putih (5%), milet merah (5%), biji sawi (5%) dan biji godem (5%).

Untuk pakan tambahan (extra fooding) dapat diberikan selang seling setiap hari sesuai dengan kebutuhan burung kenari tersebut

SANGKAR BURUNG KENARI

Untuk sangkar burung kenari tidak ada patokan khusus, bisa menggunakan bahan dari bambu, kawat maupun dari besi asalkan cukup longgar dan memudahkan bagi kita untuk membersihkannya.

sebagian besar penggemar kenari di indonesia menggunakan sangkar kotak terbuat dari bambu ukuran 30 x 40 x 60/70 dengan dua tangkrigan yang di pasang atas bawah (step)..

Sumber : BSD camp canary, kenariku tripod.com, kicaumania.org

No comments:

Post a Comment

Post a Comment